Sabtu, 03 Maret 2012






Penggunaan Jejaring Sosial Facebook sebagai Feedback dalam diskusi grup KSHP NR 096
(Selayang Pandang Mahasiswa KSHP NR 096)

PENDAHULUAN  
          Keberadaan Internet sebagai sarana informasi merupakan sebuah kemajuan dalam penyebaran sebuah berita ataupun kejadian, internet merupakan media yang paling ampuh dalam hal berbagi informasi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Karena hal tersebut, intensitas penggunaannya tinggi sekali, terutama pada situs-situs jejaring sosial yang memang digunakan sebagai interaksi dalam dunia maya,salah satu diantaranya adalah Facebook.
Facebook merupakan sebuah situs yang cukup lengkap, bisa mengirim suara,tulisan,gambar,data, bahkan video. Jejaring sosial ini memiliki beberapa fasilitas yang membuatnya bisa menjadi sebuah situs yang sering dikunjungi  oleh semua pihak. Adanya Chat, bisa Update Status keberadaan sang pengguna, saling bertukar Photo dan Video, dan juga membuat Group, mampu dilakukan oleh situs tersebut.
           Karena itu diadakan-lah sebuah Group dalam Facebook yang bernama “KSHP 096 NON REGULAR” yang berguna sebagai wadah kepada mahasiswa agar bisa meluangkan waktu untuk belajar serta melakukan diskusi dalam dunia maya selayaknya di kelas. Setelah diujicoba-kan dalam beberapa saat, sering ditemui beberapa masalah. Seperti masalah diskusi, akses internet, dll. Terlintas lah sebuah Pemikiran, untuk melakukan Penelitian terhadap masalah ini. Data yang akan dikumpulkan melalui Group KSHP 096 NR, dengan menggunakan metode survey. Responden adalah Mahasiswa KSHP 096 NR yang berjumlah 40 Orang. Berdasarkan latar belakang diatas, hal itu mendorong untuk melakukan penelitian mengenai hal tersebut dengan judul Penggunaan Jejaring Sosial Facebook sebagai Feedback dalam diskusi grup KSHP NR 096 (Selayang Pandang Mahasiswa KSHP NR 096).

HASIL
*Bisa dilihat dengan versi presentasi lain di 
http://prezi.com/ti7d5fjfy3sc/presentasi-tabulasi-data-kshp-nr-096/
 
"Tabulasi yang menjawab dan yang bengong"  
 Tabel

Histogram


Pie Chart 




Dari Tabel, Histogram, Pie Chart diatas terdapat 31 Mahasiswa yang menjawab (berdiskusi didalam Grup) berarti sebagian besar mahasiswa mengikuti agenda diskusi di Facebook sedangkan ada 9 Mahasiswa yang Bengong berarti sedikit mahasiswa  yang tidak mengikuti diskusi (tidak berpartisipasi dalam Grup). Total 40 mahasiswa yang terdaftar dalam Grup KSHP 096 NR.

" Kategorisasikan atau klasifikasikan jawaban menurut isi dan jumlah yang menjawab "
Tabel
Histogram
Pie Chart


Tabel, Histogram, Pie Chart diatas terdapat berbagai macam tanggapan atas penggunaan Facebook sebagai Feedback dalam diskusi Grup FB KSHP 096.  berdasarkan data diatas, ada 6 Tanggapan yang diutarakan oleh mahasiswa yaitu : Feedback Cepat, Share Idea , Inovatif , Flexible , Lain-lain , dan tidak menjawab
"Kategorisasikan atau klasifikasikan saran menurut isi dan jumlah yang menjawab" 
Tabel

Histogram

Pie Chart


Dari Tabel, Histogram, Pie Chart diatas terdapat saran yang dikemukakan oleh para mahasiswa, yang dirangkum dalam dua hal yang utama, yaitu : Dispensasi Waktu dalam berdiskusi, serta Jadwal diskusi yang tetap (terjadwal ) dalam Grup.

Pembahasan

Berdasarkan data yang didapat, sudah terlihat  jelas sebagian mahasiswa setuju pemanfaatan Facebook sebagai Feedback dalam Grup KSHP 096 NR. Banyak mahasiswa berpendapat bahwa penggunaan Facebook sebagai metode belajar berprospek bagus, merupakan sesuatu yang inovatif dan juga membuat berkurangnya kesenjangan antara dosen dan mahasiswa.
Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan KSHP ini merasa mendapat angin baru dalam belajar, dengan grup facebook ini, mereka merasa tetap “diperhatikan” meskipun tidak secara tatap muka. Karna terpantau difacebook setiap waktu, mahasiswa dapat berdiskusi satu sama lain,bisa bertanya langsung kepada dosen begitu pula sebaliknya. Jadi menimbulkan lingkungan yang aktraktif dalam belajar KSHP.
Namun, segala sesuatu yang baik pun masih ada kekurangannya, termasuk diskusi grup ini, terkadang ada beberapa mahasiswa mengalami sedikit masalah dengan penggunaan Facebook, dikarenakan oleh keterbatasan internet, selain itu ketidakadaan nya jadwal tetap dalam berdiskusi membuat mahasiswa terkadang lambat dalam berdiskusi di Grup
Pemaparan Tabulasi Data Penelitian menunjukkan hasil yang baik, sebagian besar mendukung terus keberadaan Grup KSHP ini. meskipun masih ditemukan beberapa kelemahan seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, tetapi tidak seyogya membuat pesimis mahasiswa dalam diskusi grup. Melainkan lebih bersemangat dalam menjalani diskusi-diskusi selanjutnya.

Kesimpulan

Berdasarkan Data penelitian diatas, keberadaan Facebook sebagai Feedback dalam diskusi grup KSHP 096 NR disambut dengan antusias oleh mahasiswa. mayoritas memberi opini positif terhadap hal tersebut. Meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaannya, namun hal itu menurut peneliti dapat diatasi dengan baik tergantung kesepakatan antara dosen dan mahasiswa, terutama masalah penjadwalan diskusi dan juga dispensasi waktu dalam menjawab (komentar) dalam grup. Sesungguhnya sebuah applaus pantas diberikan kepada Dosen yang telah berinovasi untuk membuat belajar lebih mudah dan nyaman.


Sumber
*Data didapatkan berdasarkan pengamatan di Grup KSHP NR 096 tertanggal 26 Feb 2012, Pukul 20.00 WIB 

1 komentar: