Selasa, 23 Oktober 2012

Tugas 1 Persamaan dan Perbedaan


Aji Umar Hadi
Firdaus Suharta
Riswan Marbun
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN JENIS BUKU SEKOLAH
PENDAHULUAN

Buku adalah kumpulan informasi tercetak yang ada didalam lembaran kertas yang ditulis secara sistematis, terjilid, dan memiliki pelindung cover dengan jumlah minimal 48 halaman. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 2 Tahun 2008, semua buku digolongkan dalam empat kelompok dengan istilah dan pengertian yang berbeda, yakni:
·         Buku teks pelajaran pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi yang selanjut-nya disebut buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.
·         Buku pengayaan adalah buku yang digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik.
·         Buku panduan pendidik adalah buku yang memuat prinsip, prosedur, deskripsi materi pokok, dan model pembelajaran untuk digunakan oleh para pendidik.
·         Buku referensi adalah buku yang isi dan penyajiannya dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya secara dalam dan luas.


ANALISIS BUKU

Berdasarkan Data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa buku memiliki  banyak macam dan ragam dalam penggunaannya. Buku terbagi menjadi 4, yaitu Buku Teks ,Buku Pengayaan, Buku Panduan Guru ,Buku Referensi. Terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing :
Buku teks pelajaran adalah buku acuan wajib yang memuat materi pembelajaran, contoh yang di ambil oleh kelompok kami adalah menggunakan Buku teks pelajaran Seni  Rupa Desain untuk kelas X. Sesuai dengan definisi buku teks pelajaran, buku seni rupa desain digunakan sebagai acuan oleh guru dalam memberikan materi Seni Budaya dan Keterampilan.
Buku Pengayaan Windows 7 merupakan buku yang digunakan untuk menambah pengetahuan mengenai Operating System Windows 7. Buku Pengayaan Windows 7 adalah buku umum, namun buku ini juga bisa menambah pengetahuan yang belum dibahas secara menyeluruh di buku teks pelajaran TIK.
Buku Panduan Guru merupakan buku yang di gunakan oleh guru dalam kaitannya mengenai prinsip, prosedur, deskripsi materi pokok, dan model pembelajaran untuk digunakan oleh para pendidik.Buku yang digunakan oleh kelompok kami berjudul Mengajar dengan sukses. Buku ini berisi tentang kiat-kiat yang harus dilaksanakan dan ditempuh oleh seorang pengajar. Isi dari Buku ini bisa mewakili hal apa saja yang dibutuhkan oleh seorang guru dalam mengajar.
Buku Referensi Kamus Lengkap 15 Milyar merupakan buku referensi yang digunakan oleh kelompok kami. Buku referensi  Kamus 15 Milyar digunakan untuk mencari arti kata atau padanan kata yang kurang dimengerti, khusus nya dalam Inggris-Indonesia, atau Indonesia-Inggris. Sesuai dengan definisi Buku Referensi, Buku Kamus 15 Milyar ini menyajikan informasi yang luas,khususnya dalam pengetahuan berbahasa inggris.

KESIMPULAN

Berdasarkan dari analisis yang telah kami lakukan, terdapat beberapa perbedaan dan persamaan yang ada dari buku tersebut, perbedaan dan persamaan itu antara lain adalah :
·         Kurikulum
Dari segi kurikulum, perbedaan dari buku-buku tersebut ialah  Buku Teks Pelajaran sangat mengacu ketat kepada kurikulum. Buku Pengayaan juga mengacu kepada kurikulum, tetapi tidak seketat buku teks pelajaran. Sedangkan untuk Buku Panduan Guru dan Buku Referensi tidak mengacu kepada kurikulum, sebab informasi yang tertulis didalamnya sudah baku

·         Fungsi
Dari segi fungsi, Buku Teks Pelajaran berfungsi  sebagai acuan untuk belajar bagi siswa. Sedangkan buku pengayaan dapat digunakan siswa untuk menambah pengetahuan terhadap materi-materi yang ada secara mendalam namun tidak lengkap dijabarkan dalam buku teks pelajaran. Buku Panduan Guru berfungsi sebagai acuan guru dalam mengajar.

·         Sistematika Buku
Jika dilihat berdasarkan sistematika penulisan buku, keempat buku tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Buku Teks Pelajaran dan Buku Pengayaan memiliki sebuah kemiripan, yaitu terdapat daftar pustaka pada bagian awal , namun buku panduan guru dan buku referensi tidak memilikinya. Disetiap buku memang memiliki perbedaan dalam bagian isi. Karena bagian isi disetiap buku tidak sama satu sama lain.  Adapun Persamaan dari buku-buku itu adalah, mereka sama-sama memiliki bagian yang sama, yaitu bagian awal,isi,bagian akhir. Satu lagi persamaan dari buku-buku tersebut adalah memiliki daftar pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar